Kamis, 25 Desember 2014

CONTOH LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI TERBARU




LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI













........................., S.Pd
NIP. ......................................
SMP NEGERI ... TANJUNG JABUNG TIMUR



















DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR
SMP NEGERI ..... TANJUNG JABUNG TIMUR
JL. ........................................
2014




Lembar Identitas

IDENTITAS GURU

1. Nama Sekolah                               :   SMP Negeri 12 Tanjung Jabung Timur
2.   Nama Guru                                   :   .........
3.   NIP                                              :   .........
4.   Jabatan / Golongan Guru               :   Penata Muda Tk.I /             III.b    
5.   Alamat Sekolah
             -     Jalan                                         :  
      -   Kabupaten                                :   Tanjung Jabung Timur
      -    Provinsi                                     :   Jambi
6.   Mengajar Mata Pelajaran              :   IPA
7.   SK Pengangkatan
a.    Sebagai CPNS                        
      -   Pejabat yang mengangkat           :   Bupati Tanjung Jabung Timur
      - Nomor SK                                 :   Nomor ....  Tahun 2009
      - Tanggal SK                                :   .... Maret 2009
b.      Pangkat Terakhir
      -   Pejabat yang mengangkat          :  Bupati Tanjung Jabung Timur
      -  Nomor SK                                :  Nomor .....  Tahun 2012
      -  Tanggal SK                                :  ....  maret  2012
1.      Alamat Rumah
     -  Jalan                                           :   ..................
     - Kecamatan                                 :  ...................
     - Provinsi                                       :    Jambi
     -Telpon/Fax                                   :    ..................


LEMBAR PENGESAHAN


LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI


Nama Guru                                : .......................
NIP                                             : ..........................
NUPTK                                      : ..........................
Pangkat/Golongan                   : ..........................
Unit Kerja                                  : ................................



.............,  15 Desember 2014
           
Menyetujui:
Koordinator PKB,                                                              Guru Yang Bersangkutan,



..........................                                                                  ..........................
NIP......................                                                                NIP......................



Mengetahui:
Kepala Sekolah:




..........................
NIP. ...................







KATA PENGANTAR


              Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa , karena penulis telah berhasil menyelesaikan tugas pengembangan diri. Dengan segala kerendahan hati, penulis menyadari karena berbagai keterbatasan, belum sepenuhnya dapat meningkatkan kompetensi peserta didik. Namun didorong oleh niat, komitmen serta kesungguhan untuk menyegarkan wawasan dan semangat peserta didik.
              Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di indonesia. Berkaitan dengan upaya tersebut, diantaranya adalah meningkatkan potensi para pendidik sehingga dapat melakukan  pembelajaran secara profesional, maka dari itu dinas pendidikan kab/provinsi mengadakan pelatihan  dan workshop bagi para pendidik.
              Dengan diadakan pelatihan dan workshop tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan dan memperkaya khasanah tentang pembelajaran dan penilaian bagi guru bidang study sehingga guru dapat melakukan pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan.


                                                                                                                        Penulis



DAFTAR ISI
LEMBAR SAMPUL
LEMBAR IDENTITAS
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I
1.      Latar Belakang
2.      Tujuan Umum
BAB II PENGEMBANGAN DIRI
1.    Workshop Tim Pengembang Bahan Ajar SMP Mata Pelajaran IPA Angkatan ke III
a.         Latar Belakang
b.         Tujuan
c.         Pelaksaan
d.         Tindak Lanjut
e.         Dampak
2.    Bimbingan teknis Guru Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
a.      Latar Belakang
b.    Tujuan
c.     Pelaksaan
d.    Tindak Lanjut
e.     Dampak

3.    Workshop Tim Pengembang Kurikulum Jenjang SMP Mata Pelajaran Prakarya
a.    Latar Belakang
b.    Tujuan
c.    Pelaksaan
d.    Tindak Lanjut
e.    Dampak


4.    Diklat Penyusunan RPP Kegiatan Orientasi Teknis Pengembanagan Keprofesian Berkelanjutan Jenjang SMP angkatan ke-XII   
a.         Latar Belakang
b.         Tujuan
c.         Pelaksaan
d.         Tindak Lanjut
e.         Dampak
2.Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) IPA
a.  Latar Belakang
b.  Tujuan
c.  Pelaksanaan
d.  Uraian Materi
e.  Tindak Lanjut
f.  Dampak
BAB III PENUTUP
A.       Kesimpulan
B.       Saran
LAMPIRAN-LAMPIRAN
·         Format Rekapitulasi Kegiatan Pengembangan Diri
·         Foto Copy Sertifikat/Surat Keterangan
·         Foto Copy Surat Penugasan Kepala Sekolah/Madrasah (Bila penugasan bukan dari kepala sekolah/madrasah (misalnya dari institusi lain atau kehendak sendiri), harus disertai dengan surat persetujuan mengikuti kegiatan dari kepala sekolah/ madrasah.


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang:
Guru sebagai tenaga pendidik profesional adalah guru yang tidak hanya merasa puas dengan keterampilan yang telah dimiliki. Seorang guru sebagai tenaga profesional hendaknya berusaha mengembangkan pengetahuan dan keterampilanya sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik dan semakin berkualitas kepada peserta didiknya.
Tugas seorang guru yang profesional tidak hanya dituntut untuk memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas mengajar, mendidik, dan melatih peserta didik saja melainkan juga harus mampu melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Berbagai hal bisa dilakukan oleh seorang guru untuk dapat meningkatkan profesionalisme. Menurut Permeneg PAN dan RB no 16 tahun 2009, seorang guru dapat melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui tiga komponen yaitu : 1) melaksanakan pengembangan diri, 2) melakukan publikasi ilmiah, 3) menemukan dan menciptakan karya-karya inovatif.
Kegiatan pengembangan diri bisa dilakukan melalui dua kegiatan yaitu diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru. Semua kegiatan yang dilakukan oleh guru di kelompok kerja atau MGMP termasuk ke dalam kegiatan kolektif guru, sedangkan kegiatan lain di luar MGMP termasuk ke dalam diklat fungsional
Seorang guru yang melaksanakan pengembangan diri atau kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan lainya, disamping akan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang guru juga mendapat penghargaan angka kredit yang dapat diperhitungkan untuk perkembangan kariernya

B.     Tujuan:
Berdasarkan paparan di atas, pengembangan diri dilakukan oleh penulis dengan tujuan :
a.       Mendapatkan pengetahuan dan keterampilan  untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan berkualitas kepada peserta didik
b.      Mengumpulkan angka kredit yang disyaratkan untuk kenaikan pangkat / jabatan setingkat lebih tinggi.

BAB II
KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI

1.    Workshop Tim Pengembang Bahan Ajar SMP Mata Pelajaran IPA Angkatan ke III
a.    Latar Belakang
Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sisdiknas Pasal 1 butir 19, menjelaskan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan   , isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Dalam implementasi kurikulum KTSP tahun 2006, masih dijumpai masalah-masalah sebagai berikut :
a)    Konten kurikulum masih terlalu padat yang ditunjukkan dengan banyaknya mata pelajaran dan banyak materi yang keluasan dan tingkat kesukarannya melampaui tingkat perkembangan anak
b)   Kurikulum belum semuanya berbasis kompetensi sesuai tuntutan fungsi dan tujuan pendidikan nasional
c)    Kompetensi belum menggambarkan secara holistik domain sikap, ketrampilan dan pengetahuan
Kurikulum 2006/KTSP dikembangkan dan disempurnakan menjadi kurikulum 2013 dilandasi pemikiran tentang masa depan yaitu tantangan abad ke 21 yang ditandai dengan ilmu pengetahuan . knowledge – based society dan kompetensi masa depan. Agar pelaksanaan kurikulum 2013 dapat berjalan dengan baik, perlu dilakukan pelatihan/workshop bagi guru yang akan melaksanakan kurikulum tersebut.

b.   Tujuan Pengembangan diri
Diadakannya Workshop tim pengembang bahan ajar SMP dirancang dengan tujuan agar terjadi perubahan pola pikir dalam mempersiapkan pembelajaran, malaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran sesuai dengan pendekatan dan evaluasi pembelajaran pada kurikulum 2013 dengan baik dan benar, sehingga mampu memahami materi pelatihan/workshop.


c.    Pelaksanaan
Tempat kegiatan                        : Hotel  ................
 Bentuk Kegiatan                      : Workshop Tim Pengembang Bahan Ajar SMP
Waktu Pelaksanaan                   : 4 Hari ( 16-19 Mei  2014)
 Peserta                                     :  Guru SMP   perwakilan dari 11 Kab/kota



Materi Kegiatan :
1.    Implementasi Kurikulum 2013
2.    Orientasi Program
3.    Rasional Perubahan Kurikulum
4.    Analisis SKL, KI, KD, Silabus dan pengembangan bahan ajar Mata Pelajaran IPA
5.    Penyusunan Rancangan RPP dan pengembagan bahan ajar
6.    Penyusunan Rancangan Penilaian
7.    Manajemen kelas dan Tindak lanjut pengembangan bahan ajar di MGMP
8.    Merancang , membuat dan presentasi hasil pengembangan Bahan ajar
9.    Pendekatan Saintifik dalam kurikulum 2013

d.    Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan Workshop pengembang bahan ajar SMP adalah memberdayakan Guru untuk mengembangkan implementasi kurikulum 2013 dan  memiliki keinginan yang kuat untuk memotivasi minat siswa dalam belajar.

e.    Dampak Pengembangan diri
Adapun dampak penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan dalam Workshop Pengembang bahan ajar SMP adalah:
1.      Penulis semakin menyadari bahwa masih dibutuhkan pemahanan dari berbagai pihak untuk mengimplementasikan kurikulum 2013
2.       Penulis mendapatkan  ilmu dan keterampilan dalam  membuat dan  menyusun RPP 2013
3.      Dengan adanya pelatihan ini penulis  memiliki keterampilan mengajar dan menerapkan model-model pembelajaran dandapat menyusun rancangan penilaian

2.    Bimbingan Teknis Guru Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
a.    Latar Belakang
       Sebagian besar sekolah di Indonesia belum mempunyai sumber air bersih yang memadai, sanitasi yang memenuhi syarat, kantin yang sehat. Penelitian UNESCO diseluruh negara berkembang menunjukkan hasil yang mengkhawatirkan mengenai anak-anak yang terganggu masa sekolah atau kemampuan belajarnya karena diare akibat infeksi cacing usus, sebagai akibat lingkungan yang kotor. Salah satu upaya yang strategis untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia adalah upaya pendidikan dan kesehatan dan upaya ini paling tepat dilakukan melalui institusi pendidikan. Sekolah sebagai tempat berlangsungnya proses belajar  mengajar harus menjadi ‘Health Promoting School” sekolah yang dapat meningkatkan derajat kesehatan warga sekolahnya dengan cara melibatkan semua pihak terkait masalah kesehatan sekolah, menciptakan lingkungan sekolah sehat dan aman, memberikan pendidikan kesehatan sekolah, memberikan akses terhadap pelayanan kesehatan, ada kebijakan dan upaya sekolah untuk promosi kesehatan berperan aktif dalam upaya-upaya kesehatan  masyarakat

b.   Tujuan Pengembangan diri
Bimbingan Teknis Guru Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah dirancang dengan tujuan untuk memberikan guru  informasi mengenai pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, pembinaan lingkungan sekolah sehat,  dampak bahaya narkoba, pergaulan bebas serta merokok. Sehingga nantinya guru dapat melanjutkan informasi ke pihak sekoah dan siswa serta menerapkan dan mengembangkannya, sehingga sekolah yang dituju menjadi sekolah sehat yang aman bagi semua pihak disekolah terutama bagi para siswa

c.    Pelaksanaan
1. Tempat kegiatan                      : Hotel  ..................
2. Bentuk Kegiatan                     : Bintek Guru Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
3.Waktu Pelaksanaan                  : 4 Hari ( 15-18 September  2014)
4. Peserta                                   :  Guru SMP   perwakilan dari 11 Kab/kota
Materi Kegiatan :
1.Panganan jajanan anak sekolah (PJAS) yang aman , sehat dan bergizi
2. Sinergitas Program Adiwiyata dan peran TP UKS pada pelaksanaan Program Uks disekolah
3. Kependudukan dan pembangunan berkelanjutan
4. P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika
5. HIV/AIDS
6. Pendidikan kecakapan hidup

d.   Tindak lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan Bintek Usaha Kegiatan Sekolah adalah memberdayakan siswa untuk mengembangkan UKS agar pendidikan kesehatan , pelayanan kesehatan dan lingkungan sekolah sehat dapat dilaksanakan dengan baik

e.    Dampak pengembangan diri
Adapun dampak penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan dalam Bintek Usaha Kegiatan Sekolah adalah:
     1.Penulis semakin menyadari bahwa masih dibutuhkan kerja keras dari berbagai pihak untuk kesadaran bahwa pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan lingkungan sehat dapat diterapkan
2.     Penulis mendapatkan  ilmu  dan keterampilan tentan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan lingkungan sekolah sehat
3.    Dengan adanya bintek ini penulis  dapat  menerapkan pendidikan kecakapan hidup melalui UKS  dan penulis memiliki masukan untuk memotivsi siswa bahwa kebersihan dan keshatan sangatlah penting untuk kemajuan dalam pendidikan siswa.




3.    Workshop Tim Pengembang Kurikulum Jenjang SMP Mata Pelajaran Prakarya
a.    Latar Belakang
Pengembangan sumber daya manusia pendidik, khususnya pengembangan profesional guru, merupakan usaha mempersiapkan guru agar memiliki berbagai wawasan, pengetahuan, ketrampilan dan memberikan rasa percaya diri untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai guru profesional.
Undang-undang republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen pasal 20 ayat (b) mengamanatkan bahwa dalam rangka melaksanakan tugas keprofesionalannya, guru berkewajiban meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Undang-undang ini memberikan suatu kesempatan yang tepat bagi guru untuk meningkatkan profesionalisme secara berkelanjutan melalui pelatihan, penelitian, penulisan karya ilmiah dan kegiatan profesional lainnya.

b.   Tujuan Pengembangan diri
Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam menganalisis hubungan SKL, KI dan KD, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam menganalisis buku guru dan siswa, mengembang sistem penilaian, mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajarana dan mengembangkan bahan ajar

c.    Pelaksanaan
1. Tempat kegiatan                      : Hotel ...........................
2. Bentuk Kegiatan                     : Workshop Tim Pengembang Kurikulum Jenjang SMP Mata Pelajaran Prakarya
3.Waktu Pelaksanaan                  : 6 Hari ( 19-24 September  2014)
4. Peserta                                    :  Guru SMP   perwakilan dari 11 Kab/kota

Materi Pelajaran:
1.    Standar Isi dan Standar Proses
2.    Standar kompetensi lulusan dan standar penilaian
3.    Analisis buku guru dan buku siswa
4.    Implementasi pendekatan dan strategi pembelajaran
5.    Penilaian pembelajaran dan penulisan rapor
6.    Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajran
7.    Pengembang bahan ajar
8.    Simulasi praktek pembelajaran
9.    Pendidikan karakter dalam perspektis pengembangan budaya sekolah

d.   Tindak Lanjut
     Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan Workshop Tim pengembang kurikulum jenjang SMP adalah  melaksanakan disekolah tentang analisis SKL, KI, KD , pengembangan sistem penilaian, pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran, dan pengembangan bahan ajar


e.    Dampak Pengembangan diri
 Adapun dampak penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan dalam Workshop tim pengembang kurikulum jenjang smp mata pelajaran prakarya adalah:
1.     Penulis mendapatkani ilmu dan keterampilan dalam membuat dan menyusun RPP 2013
2.    Penulis mendapatkani ilmu dalam sistem penilaian kurikulum 2013
3.    Dengan adanya pelatihan ini penulis  memiliki keterampilan mengajar dan  menerapkan model-model pembelajaran prakarya dan penulis memiliki masukan untuk memotivsi minat siswa dalam ketrampilan dan berwirausaha

4.    Diklat Penyusunan RPP Kegiatan Orientasi Teknis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Jenjang SMP angkatan ke-XII    
a.    Latar Belakang
Penyelenggaraan pendidikan sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 butir 19, menjelaskan  kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Dari sekian banyak unsur sumber daya pendidikan, kurikulum merupakan salah satu unsur yang memberikan kontribusi yang signifikan untuk mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi peserta didik. Jadi tidak dapat disangkal lagi bahwa kurikulum yang dikembangkan dengan berbasis pada kompetensi sangat diperlukan sebagai instrumen untuk mengarahkan peserta didik menjadi: (1) manusia berkualitas yang mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah; dan (2) manusia terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri; dan (3) warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.
Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu. Dalam implementasi kurikulum KTSP 2006, masih dijumpai beberapa permasalahan. 1. Konten kurikulum masih padat, yang ditunjukkan dengan banyak mata pelajaran dan banyaknya materi dan tingkat kesukarannya melampaui tingkat perkembangan usia anak. 2.kurikulum belum semua berbasis kompetensi sesuai dengan tuntutan fungsi dan tujuan pendidikan nasional. 3. Kurikulum belum peka dan tanggap terhadap perubahan sosial yang terjadi pada tingkat nasional maupun global dan masih banyak lagi permasalahan pada KTSP 2006.
Kurikulum KTSP dikembangkan menjadi kurikulum 2013 dengan dilandasi pemikiran tantangan masa depan yaitu tantangan abad ke 21 yang ditandai dengan abad ilmu pengetahuan, knowlwdge-based society dan kompetensi masa depan.


b.   Tujuan Pengembangan Diri
            Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 adalah: Dirancang dengan tujuan untuk mempersiapkan guru untuk dapat  menyusun  rencana program pembelajaran dalam rangka implementasi kurikulum 2013 secara skematik ( menyusun sesuai dengan pendekatan scientific, tematik dan terintergrasi sesuai dengan model belajar yang relevan dengan mempertimbang karakteristik peserta didik baik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional maupun intelektual.

c.    Pelaksanaan
Tempat kegiatan                : Hotel .....................
 Bentuk Kegiatan              : Workshop penyusunan RPP mata pelajaran IPA
Waktu Pelaksanaan          : 5 Hari ( 11-15 November  2014)
 Peserta                           : pengawas sekolah, Kepala Sekolah dan Guru SMP perwakilan dari 11 Kab/kota

Materi Kegiatan :
1.Refleksi Pemahaman peserta tentang RPP
2.Silabus, KD dan pengembangan Indikator
3.Pendekatan / Model Pembelajaran dan media pembelajaran
4.Pendalaman materi (analisis buku)
5.Pemahaman penilaian pembelajaran dan penulisan Rapor
6.Struktur RPP ( telaah RPP )
7.Penyusunan RPP
8.Simulasi RPP
9.Penyusunan Dokumen RPP

d.   Tindak Lanjut
                        Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan pelatihan implementasi kurikulum SMP 2013 adalah memberdayakan MGMP untuk mengembangkan implementasi kurikulum 2013 dan memiliki keinginan yang kuat untuk memotivasi minat siswa dalam membaca.

e.    Dampak Pengembangan Diri
Adapun dampak penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan dalam Diklat Penyusunan RPP implementasi kurikulum 2013 adalah:
1.    Penulis semakin menyadari bahwa masih dibutuhkan kerja keras dari berbagai pihak untuk mencapai 8 Standar Nasional Pendidikan yang ditentukan oleh pemerintah.
2.     Penulis memiliki ilmu keterampilan dalam membuat dan menyusun RPP 2013
3.    Dengan adanya pelatihan ini penulis  memiliki keterampilan mengajar dan  menerapkan model-model pembelajaran dan penulis memiliki masukan untuk memotivsi minat siswa dalam membaca.

5.    Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) IPA
a.   Latar Belakang
Diantara sekian banyak faktor yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan, komponen yang paling menentukan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan adalah guru sebagai tenaga pendidik di sekolah. Karena guru sebagai pendidik profesional mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik baik pada jenjang pendidikan anak usia dini, jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Sehubungan dengan itu, kompetensi, profesioanalisme dan karir Pendidik dan Tenaga Pendidik (PTK) perlu terus ditingkatkan dan dikembangkan melalui berbagai daya dan upaya, antara lain yaitu melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)

b.   Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri dalam MGMP adalah :
1. Meningkatkan aktivitas kelompok kerja terkait dengan upaya pembinaan dan pengembangan profesi dan karir guru.
2.  Menjaga dan meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru  yang dibuktikan melalui perubahan perilaku, kretivitas, dan inovatif dalam pengembangan karir.
3. Meningkatkan kemampuan guru dalam memenuhi angka kredit yang diwajibkan dalam kenaikan pangkat, golongan, ruang dan jabatan fungsional guru.
4.  Meningkatkan keberdayaan MGMP.
5. Meningkatkan frekuensi, intensitas dan kebermaknaan saling tukar menukar pikiran dan pengalaman antar anggota MGMP
c.    Pelaksanaan
Tempat kegiatan         : ...................
  
 Materi Kegiatan     :  Kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Informasi tehnis, Paparan apembinaan Karier PTK SMP, Kurikulum 2013, Bedah buku Guru Kurikulum 2013, Bedah Buku Siswa Kurikulum 2013, Bedah silabus dan sistem Penilaian Kurikulum 2013, Pembuatan RPP kurikulum 2013, Penulisan Laporan Penilitian, Tulisan Ilmiah Populer, Buku Pedoman Guru, Alat Peraga, Pengembangan keprofesian Berkelanjutan
Waktu Pelaksanaan    : tanggal 16 oktober Sampai dengan 10 Desember 2014
Peserta                      :   Guru SMP Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Pelaksana;                 : Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan alam, Dinas Pendidikan  Kab Tanjung Jabung Timur, P2TK Kementrian dan LPMP
d. Uraian Materi
            Kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Informasi tehnis, Paparan apembinaan Karier PTK SMP, Kurikulum 2013, Bedah buku Guru Kurikulum 2013, Bedah Buku Siswa Kurikulum 2013, Bedah silabus dan sistem Penilaian Kurikulum 2013, Pembuatan RPP kurikulum 2013, Penulisan Laporan Penilitian, Tulisan Ilmiah Populer, Buku Pedoman Guru, Alat Peraga, Pengembangan keprofesian Berkelanjutan


e.Tindak Lanjut
Tindak lanjut dari pelaksanaan MGMP adalah berupa kegiatan sebagai berikut:
1.   Mempublikasikan kegiatan melalui media cetak.
2.   Memotivasi peserta yang sudah disetujui judul dan proposal PTK-nya oleh pembimbing dan Tim penilai untuk melanjutkan Penelitian tindakan Kelas sampai tuntas dan masuk jurnal sehingga dapat digunakan untuk melengkapi persyaratan kenaikan pangkat guru dan penetapan angka kreditnya.
3.   Menyusun RPP Kurikulum 2013
4.   Membuat laporan akhir hasil kegiatan.
f. Dampak Pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilaksanakan dalam MGMP yaitu :
1.   Meningkatkanya frekuensi, intensitas dan kebermaknaan saling tukar menukar pikiran dan pengalaman antar anggota MGMP
2.   Meningkatnya profesionalisme guru yang dibuktikan melalui perubahan prilaku, kreativitas, dan inovatif dalam pengembangan karir.
3.   Meningkatnya keberdayaan MGMP dalam pengembangan karir.
4.   Meningkatnya angka kredit guru dalam pengembangan karir.
5.   Meningkatkan penguasaan dan kualitas kompetensi guru.
6.   Meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah  peserta.
7.   Meningkatkan kualitas  layanan pendidikan di kelompok kerja
8.   Meningkatkan kualitas MGMP sebagai wahana peningkatan kemampuan dan profesionalitas guru

BAB III
PENUTUP
A.    Simpulan
             Kegiatan pengembangan diri bisa dilakukan melalui dua kegiatan yaitu diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru. Semua kegiatan yang dilakukan oleh guru di kelompok kerja atau MGMP termasuk ke dalam kegiatan kolektif guru, sedangka kegiatan yang diadakan  di luar kolektif salah satunya termasuk ke dalam diklat fungsional. Yaitu diklat yang diadakan oleh dinas pendidikan baik dinas pendidikan kabupaten maupun dinas pendidikan provinsi.
Seorang guru yang melaksanakan pengembangan diri atau kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan lainya, disamping akan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang guru juga mendapat penghargaan angka kredit yang dapat diperhitungkan untuk perkembangan kariernya. Sehingga dengan adanya pengembangan diri ini memepermudah guru untuk meningkatkan kompetensi guru dan memperoleh angka kredit untuk kenaikan pangkat.

B.     Saran-saran
              Diharapkan dengan adanya penulisan pengembangan diri ini, pendidik tidak hanya mendapatkan ilmu atau menambah wawasan tetapi juga diharapkan dapat menerapkan ilmu tersebut baik kepada peserta didik maupun teman sejawat






Lampiran

REKAPITULASI KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
No
Nama Kegiatan
Materi PD/ Kompetensi
Peran Guru
Waktu/ Jam PD
Nama Fasilitator
Tempat Kegiatan
Institusi Penyelenggara
1
1.    Workshop Tim Pengembang Bahan Ajar SMP Mata Pelajaran IPA Angkatan ke III


Peserta
30

Hotel ..............
Dinas Pendidikan Provinsi...
2







Dst




































Lampiran 1

REKAPITULASI KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
No
Nama Kegiatan
Materi PD/ Kompetensi
Peran Guru
Waktu/ Jam PD
Nama Fasilitator
Tempat Kegiatan
Institusi Penyelenggara
1
1.    Workshop Tim Pengembang Bahan Ajar SMP Mata Pelajaran IPA Angkatan ke III


Peserta
30

Hotel Cahaya Prima Jambi
Dinas Pendidikan Provinsi Jambi
2







Dst































Lampiran 1

REKAPITULASI KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
No
Nama Kegiatan
Materi PD/ Kompetensi
Peran Guru
Waktu/ Jam PD
Nama Fasilitator
Tempat Kegiatan
Institusi Penyelenggara
1
1.    Workshop Tim Pengembang Bahan Ajar SMP Mata Pelajaran IPA Angkatan ke III


Peserta
30

Hotel Cahaya Prima Jambi
Dinas Pendidikan Provinsi Jambi
2







Dst


















23 komentar:

  1. Terima kasih, sangat membantu kami dalam penyusunan Laporan Pengembangan Diri

    BalasHapus
  2. Terima kasih, sangat membantu kami dalam penyusunan Laporan Pengembangan Diri

    BalasHapus
  3. terimakasih, sangat membantu sekali



    BalasHapus
  4. TERIMAKASIH PAK.... SANGAT MEMBANTU......

    BalasHapus
  5. Terima kasih,, sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  6. sangat bermanfaat ....ijin copy ya

    BalasHapus
  7. Mbak mohon berkenannya laporan pengembangan diri saya copy lo Mbak. Terima ksih dan mohon maaf sebelumnya.

    BalasHapus
  8. izin copy mbak, untuk dijadikan contoh.......
    mohon maaf dan terima kasih banyak atas perkenanannya.........GBU

    BalasHapus
  9. izin copy mbak, untuk dijadikan contoh.......
    mohon maaf dan terima kasih banyak atas perkenanannya.........GBU

    BalasHapus
  10. izin copy mbak, untuk dijadikan contoh.......
    mohon maaf dan terima kasih banyak atas perkenanannya.........GBU

    BalasHapus
  11. Trima kasih membantu dan tambah informasi!

    BalasHapus
  12. thank's telah membantu kami. semoga amal ibadah diterima Allah Swt. Amien

    BalasHapus
  13. terimakasih. jazakallahu ahsanal jaza

    BalasHapus
  14. Trimakasih sangat bermanfaat

    BalasHapus
  15. terima kasih,sangat bermanfaat....

    BalasHapus
  16. terima kasih sangat bermanfaat dan izin sbg dasar referensi

    BalasHapus
  17. Barakallah.... Allah swt yang membalas. Terima kasih, sangat membantu kami.

    BalasHapus
  18. What are the best casinos to play in 2021?
    Which 출장안마 casinos offer slots? — ventureberg.com/ Casino Sites. Best casino sites are casinosites.one those that allow players to try a game from mens titanium wedding bands anywhere. The https://jancasino.com/review/merit-casino/ most common online slots

    BalasHapus